Peran Kepemimpinan dalam Perencanaan dan Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di Lingkungan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7217Abstrak
Kepemimpinan memainkan peran penting dalam menentukan arah dan keberhasilan pengelolaan lembaga pendidikan, termasuk dalam hal pembiayaan. Penelitian ini mengkaji bagaimana gaya kepemimpinan memengaruhi perencanaan dan pengelolaan pembiayaan pendidikan di lembaga pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Instrumen kuesioner disusun berdasarkan indikator dari gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional, prinsip manajemen keuangan pendidikan, serta nilai-nilai tata kelola yang baik. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin yang bersifat partisipatif dan komunikatif dapat melibatkan berbagai pihak dalam proses penyusunan anggaran, menjaga transparansi, dan meningkatkan efisiensi penggunaan dana. Komunikasi yang baik antara pimpinan dan staf juga membantu kelancaran kerja sama dan rasa memiliki terhadap kebijakan keuangan lembaga. Temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan pengelolaan dana pendidikan tidak hanya tergantung pada jumlah anggaran, tetapi juga pada kemampuan pemimpin dalam mengelolanya. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kemampuan para pemimpin pendidikan agar lembaga dapat berjalan dengan lebih baik dan bertanggung jawab.