Efektivitas Penerapan Multimedia Animaker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sanggar Bimbingan

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7013

Abstrak

Penelitian yang kami lakukan dilatarbelakangi karena masih rendahnya motivasi belajar siswa Sanggar Bimbingan Subang Mewah Selangor Malaysia dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan multimedia animaker dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain one group pretest and posttest design. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa dari kelas I sampai dengan kelas V, dan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah kuesioner dalam rangka mengukur tingkat motivasi belajar siswa, dan teknik analisis data menggunakan uji paired sample test. Hasil penelitian yang kami peroleh dari pretest dengan nilai rata-rata 28, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 42. Dengan jumlah pretest 884 dan jumlah posttest sebesar 1353. Penggunaan animasi dalam proses pembelajaran menjadi elemen pendukung untuk peningkatakan motivasi belajar dan memudahkan guru memperkaya bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi. Respon yang diberikan oleh peserta didik dan guru terhadap penerapan animaker pada pembelajaran Bahasa Inggris memberikan respon yang positif. Sehingga setelah menggunakan animaker, siswa mampu berperan aktif, merasakan kesenangan dan semangat sehingga proses pembelajaran berjalan efektif. Maka dari pengolahan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia animaker memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris pada siswa Sanggar Bimbingan Subang Mewah Selangor Malaysia.

Kata kunci: Multimedia, animaker, motivasi belajar siswa

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-19

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Efektivitas Penerapan Multimedia Animaker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sanggar Bimbingan. (2025). Jurnal PGSD, 11(1). https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7013