Penguatan Pengatahuan Dasar Matematika Re-Design Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Canva
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7012Abstrak
Keberadaan teknologi sudah mendominasi di berbagai lapisan masyarakat, terutama di era 4.0 yang akhirnya membuat kemampuan kognitif siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis canva terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen dengan bentuk pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa secara keseluruhan di Sanggar Bimbingan Sungai Buloh, Selangor, Malaysia pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 101 siswa. Dengan sampel yang dipilih yaitu Purposive Sampling dengan mengambil sampel siswa kelas IA dengan jumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yaitu berupa tes yang berbentuk soal pada slide video pada media pembelajaran berbasis canva dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Uji analisis yang diterapkan pada penelitian kali ini dengan menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil penelitian mendapatkan nilai sebesar 0,000 yang berada dibawah taraf signifikansi. Jadi nilai dari 0,000 < 0,050 maka hasil dari uji hipotesis ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dasar di Sanggar Bimbingan (SB) Sungai Buloh, Selangor, Malaysia