PENGUATAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR: IMPLEMENTASI MEDIA MATH PLAYGROUND PADA SISWA SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA

Penulis

  • Novita Febriyani Suharyanto , universitasmuhammadiyahkuningan ,
  • Oman Hadiana Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml
  • Casnan Casnan Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml
  • Tio Heriyana Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml
  • Hana Astria Nur Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.6580

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi Math Playground. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan menguji hipotesis dari data-data yang telah dikumpulkan sesuai dengan teori dan konsep sebelumnya. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang tanpa ada kelompok pembanding atau kelompok kontrol (One group pre-test dan post-test). Sampel penelitian berjumlah 10 siswa Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Instrumen yang digunakan adalah tes soal numerasi siswa Sekolah Dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji statistik T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi yang awalnya tergolong rendah, dengan menerapkan media pembelajaran berupa website math playground dapat membantu meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan dilihat dari hasil tes berupa pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa. Untuk memperbaiki dan juga mengembangkan media berupa math playground, penelitian selanjutnya diharapkan mampu melakukan penelitian dengan jangka waktu yang lebih panjang. Hal ini perlu dilakukan agar peneliti dapat mengamati bagaimana perkembangan kemampuan numerasi siswa apabila dengan waktu dalam jangka panjang (perbandingan).

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Numerasi, Math Playground, Teknologi

Diterbitkan

2025-05-19

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGUATAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR: IMPLEMENTASI MEDIA MATH PLAYGROUND PADA SISWA SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA. (2025). Jurnal PGSD, 11(1). https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.6580