Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Focusky Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa SB Hulu Langat Malaysia

Penulis

  • Muhamad Nur'alim Nur Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml
  • Tio Heriyana Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml
  • Nanan Abdul Manan Universitas Muhammadiyah Kuningan image/svg+xml
  • Hana Astri Nur , ,
  • Oman Hadiana , ,

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.6559

Abstrak

Inovasi yang berperan sebagai solusi agar Pendidikan di Indonesia dapat meningkat. Salahsatu solusinya yaitu dengan penggunaan media pembelajaran. Untuk itu peneliti mengangkat penelitian media pembelajaran berbasis focusky. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran focusky terhadap hasil belajar siswa kelas III di Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia. Penelitian ini berlangsung selama empat pertemuan dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan sampel sebanyak 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media focusky memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai pre-test adalah 55 dengan nilai tertinggi 70 dan terendah 40, sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 84 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 70. Selain itu, hasil nilai dari paired samples test sebesar 0,001 yang kita ketahui apabila taraf signifikansi di bawah 0,05; maka dinyatakan ada pengaruh perlakuan uji terhadap hasil uji pretest dan posttest. Penggunaan media focusky juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran focusky efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran interaktif seperti focusky sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-19

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Focusky Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa SB Hulu Langat Malaysia. (2025). Jurnal PGSD, 11(1). https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.6559