Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Vi Sekolah Dasar

Authors

  • Ropiah Ropiah SDN 2 Kenanga

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.8245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelas VI sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan beberapa siswa, serta studi dokumentasi, seperti modul ajar, hasil proyek siswa, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah guru kelas VI dan siswa kelas VI di SD Negeri 2 Kenanga Cirebon. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model Project Based Learning di kelas VI pada mata pelajaran IPAS telah berjalan dengan baik. Guru menerapkan diferensiasi konten, proses, dan produk melalui tahapan Project Based Learnig, mulai dari penentuan pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, penyusunan jadwal, pemantauan, pengujian hasil, hingga evaluasi pengalaman. Siswa menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif dalam setiap tahapan proyek, serta mampu menghasilkan karya proyek yang beragam sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Meskipun demikian, ditemukan beberapa tantangan seperti manajemen waktu dan kebutuhan akan sumber daya yang bervariasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi pembelajaran berdiferensiasi dan PjBL efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS, memberdayakan siswa, dan mengembangkan keterampilan abad ke-21 mereka.

Published

2025-12-11

How to Cite

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Vi Sekolah Dasar. (2025). Jurnal PGSD, 11(2). https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.8245