Eksplorasi Model Pembelajaran Humanistik dalam Pendidikan Agama Islam (PAI): Studi Literatur Dalam Mendukung Kesiapan Guru
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7739Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan pendekatan pembelajaran humanistik dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), yang menitikberatkan pada sisi kemanusiaan, emosi, serta pengalaman individu peserta didik. Tujuan utama dari kajian ini adalah menciptakan proses belajar yang bermakna dan berpusat pada siswa, sekaligus mendorong tumbuhnya kesadaran diri, empati, dan penghayatan terhadap nilai-nilai spiritual. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi literatur, tulisan ini menguraikan teori dasar, prinsip, strategi implementasi, serta tantangan dalam pelaksanaan model humanistik dalam PAI. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam membentuk karakter religius dan integritas moral peserta didik, meskipun penerapannya menuntut kesiapan guru dan dukungan dari lingkungan sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.