Evaluasi penerapan pebelajaran k13 di sekolah dasar dharmawati arief

Authors

  • Nia Hidayatul Maula Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena
  • Sekar Ayu Amelia
  • Amelia Ismawati

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.922

Abstract

Evaluasi dimaknai sebagai suatu proses pengumpulan analisis dan penafsiran yang sistematis untuk menentukan sampai sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran seperti yang dinyatakan dalam kurikulum. Evaluasi kurikulum dimaksud untuk memeriksa kinerja kurikulum secara keseluruhan di tinjau dari berbagai kriteria. Indikator kinerja yang di evaluasi tidak hanya terbatas pasa efektvitas saja, namun juga relevansi, efesiensi profram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara deskripsi sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil menunjukkan bahwa dalam penerapannya, guru masih mengalami kesulitan dalam proses kegiatan belajar karena kurang optimalnya pelatihan guru. pelatihan dalam penerapan kurikulum K13 dilaksanakan dalam waktu satu minggu, dan hanya beberapa guru saja yang mengikuti pelatihan sehingga tidak meratanya guru yang sudah mampu menerapkan kurikulum K13 dalam proses kegiatan mengajar di sekolah dasar.

 

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Maula, N. H., Magdalena, I., Amelia, S. A., & Ismawati, A. (2020). Evaluasi penerapan pebelajaran k13 di sekolah dasar dharmawati arief. Jurnal PGSD, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.922