PENGARUH PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN III JAGASARI

Authors

  • Nurkhaeriyah Nurkhaeriyah PGSD
  • Syifa Ismayanti

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.827

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Pembelajaran IPA tidak terkonsep matang. 2) Motivasi belajar siswa masih rendah. 3) Indikasi adanya pengaruh metode terhadap motivasi  belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode snowball throwing yaitu bola salju yang merupakan kertas yang beisi pertanyaan yang di buat oleh siswa kemudian dilempar kepada temannya sendiri untuk di jawab. Desain yang digunakan dalam penellitian ini adalah desain penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini merupakan hasil belajar IPA pada materi tata surya berdasarkan hasil pengujian hipotesis antara N-gain pada taraf signifikasi 5% diperoleh data t hitung lebih kecil dari pada t table (0.0002‹ 1.69) dan berada pada daerah penolakan Ho atau daerah penerimaan Ha (Ha diterima dan Ho ditolak) yang berarti terdapat perbedaan hasil post test  secara signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok control. Dengan demikian metode snowball throwing dapat memberikan pengaruh dan peningkatan motivasi belajar siswa sebagaimana data hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor sikap sebesar skor 93.50 pada kelas control menjadi skor 95.67 pada kelas eksperimen.

 

Kata Kunci : Metode Snowball Throwing, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Nurkhaeriyah, N., & Ismayanti, S. (2019). PENGARUH PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN III JAGASARI. Jurnal PGSD, 5(1), 58–66. https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.827