PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sati Sati PGSD

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.825

Abstract

Keterampilan membaca menjadi suatu masalah pada proses pendidikan, karena budaya membaca dan menulis begitu sangat rendah. Bahwasannya kegiatan membaca harus dilakukan oleh konsumen pendidikan melalui peran literasi. Salah satu peranan literasi, yaitu sebagai sarana meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik dan pengembangan potensi kecerdasan peserta didik. Keterampilan membaca merupakan keterampilan dasar bagi peserta didik yang harus dikuasai agar dapat mengikuti segala proses pendidikan dan pembelajaran. Keterampilan membaca harus dikuasai peserta didik agar dapat mengikuti kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini, yaitu untuk menjelaskan peran literasi dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di kelas II SD Negeri 1 Melakasari Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran literasi sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Beberapa cara yang diterapkan oleh guru contohnya, yaitu dengan membaca buku selama 15 menit dan membaca buku di perpustakaan.

 

Kata Kunci: Peran Literasi dan Keterampilan Membaca Peserta Didik.

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Sati, S. (2019). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.825