EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SSCS BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.810Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pembelajaran SSCS berbantuan media puzzle, kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai ketuntasan individual dan klasikal, rata-rata TKBKM kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah mix method dengan desain sequential exploratory. Adapun hasil penelitian antara lain TKBKM telah mencapai ketuntasan individual dan klasikal Dengan KKM sebesar 70 diperoleh 21 siswa tuntas. Angka z dari daftar normal baku dengan adalah 1,96. Kriteria yang dipakai adalah terima jika -1,96 < z < 1,96; sedangkan dalam hal lainnya ditolak. Harga z hitung = 6,28 ada di luar daerah penerimaan sehingga ditolak dan terima ; Berdasarkan hasil perhitungan uji beda rata-rata hasil TKBKM diperoleh thitung = 11,201. Taraf nyata 5% dan = 41 diperoleh ttabel = 1,687. Karena thitung>ttabel maka H0 ditolak. Oleh karena itu dapat simpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model SSCS berbantuan media puzzle lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif siswa yang pembelajaran konvensional; terdapat peningkatan nilai KBKM. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan nilai pretest dan posttest siswa. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T Test berbantuan SPSS 16 menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa-siswa yang mendapat perlakuan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa-siswa yang tidak mendapat perlakuan.
Kata Kunci: Pembelajaran SSCS, Media Puzzle, Berpikir Kreatif Matematis.