KEYAKIANAN DAN PEMAHAMAN GURU EYL (ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS) TERHADAP PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN SILABUS BAHASA INGGRIS

Authors

  • Fitri Aprianti PGSD

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.809

Abstract

Pengembangan silabus untuk young learner sangat penting. Namun, saat ini masih sangat sedikit yang diketahui mengenai peranan yang diambil guru dalam proses pengembangan silabus Bahasa Inggris untuk young learner. Penelitian ini ditujukan untuk mengeksplor teachers’ belief and understanding atau keyakinan dan pemahaman guru sekolah dasar mengenai peran mereka dalam pengembangan silabus dan bagaimana peran tersebut berpengaruh pada siklus pengembangan silabus Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Responden penelitian merupakan tiga guru lembaga belajar di kabupaten Majalengka. Ketiga responden mengajar Bahasa Inggris untuk young learner. Data dikumpulkan dengan menggunakan interview dan dokumentasi. Dampak dari keyakinan serta pemahaman responden sebagai implementer tercermin dalam dua tahapan pertama dari siklus pengembangan silabus, yakni penetapan course rationale dan tingkat kelulusan responden. Didua tahap ini responden cenderung melakukan banyak negosiasi dan proses pengembangan silabus lebih didominasi oleh lembaga belajar dimana responden bekerja. Sementara itu, tahapan lain dari proses pengembangan silabus yakni penentuan urutan, cakupan dan kedalaman konten pembelajaran lebih didominasi oleh responden akibat dari penerapan perannya sebagai decision maker.   Kata Kunci: Peran Guru, Pengembangan Silabus, Young Learner, Bahasa Inggris

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Aprianti, F. (2019). KEYAKIANAN DAN PEMAHAMAN GURU EYL (ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS) TERHADAP PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN SILABUS BAHASA INGGRIS. Jurnal PGSD, 5(1), 15–26. https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.809