PENGGUNAAN TEKNIK PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN IPS MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 SUMBER
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.806Abstract
Penelitian berawal dari pengamatan peneliti sebagai guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sumber terhadap 36 siswa kelas VIII-A pada awal semester-1 tahun pelajaran 2018/2019, yang menyimpulkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran IPS di kelas tersebut tidak mencapai ketuntasan kelas ideal, hal ini diduga karena rendahnya motivasi belajar siswa. Melihat hal itu penulis merasa perlu mencari jalan keluar agar para siswa termotivasi melakukan aktivitas belajar yang maksimal sehingga mencapai hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ideal. Untuk itu penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang penggunaan teknik penilaian Portofolio pada pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas VIII-A, SMP Negeri 2 Sumber, dengan permasalahan penelitian : “Apakah dengan penggunaan teknik penilaian Portofolio pada pembelajaran mata pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A, SMP Negeri 2 Sumber ?” Dengan penelitian dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berlangsung dalam bulan Agustus 2018, dengan subjek tindakan penelitian adalah 36 siswa kelas VIII-A, SMP Negeri 2 Sumber, menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada kedua siklus tersebut dengan signifikan, yakni motivasi belajar siswa mengalami kenaikan dari predikat cukup baik menjadi sangat baik, prestasi belajar siswa tingkat ketuntasan klasikalnya naik dari belum tuntas menjadi sudah tuntas dan hasil uji signifikansi, yang menyimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 1% prestasi belajar siswa mengalami kenaikan secara signifikan dari siklus-1 ke siklus-2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik penilaian Portofolio sangat efektif dalam pembelajaran mata pelajaran IPS, sehingga disarankan agar para guru, baik guru mata pelajaran IPS maupun guru mata pelajaran lain supaya mencoba menggunakan teknik penilaian Portofolio sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Teknik Penilaian Portofolio. Motivasi dan Prestasi Belajar