IMPROVE FOLKTAKE LISTENING ABILITY STORY TELLING METHOD OF ELEMENTARY STUDENTS

Authors

  • Asih Wahyuningsih PGSD

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan penggunaan metode bercerita pada kemampuan menyimak menyimak dongeng siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan Classroom Action Research atau dikenal dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklusnya dengan  tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Tegalwangi 4 Kec. Weru Kab. Cirebon. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar catatan lapangan, lembar wawancara, dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes. Analisis data penelitian ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil   kemampuan menyimak pada siklus I diperoleh skor rata-rata 62,4, siklus II diperoleh skor  68,85, dan siklus III diperoleh skor rata-rata 74,7.Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan aktifitas kemampuan menyimak dongeng siswa.

Kata Kunci: metode bercerita, menyimak, dongeng

Downloads

Published

2019-11-28

How to Cite

Wahyuningsih, A. (2019). IMPROVE FOLKTAKE LISTENING ABILITY STORY TELLING METHOD OF ELEMENTARY STUDENTS. Jurnal PGSD, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.32534/jps.v5i1.803