PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TENTANG ALAT PENCERNAAN MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.799Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode problem solving tentang alat pencernaan manusia dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Klangenan Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian kualitatif diarahkan pada tiga pendekatan, yaitu informatical approach, pendekatan partisipatif murni, dan pendekatan literer atau dokumentatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan tes (pre test dan post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penerapan metode problem solving tentang alat pencernaan manusia dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berkriteria baik, sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih menarik, siswa mampu memecahkan masalahnya sendiri, aktivitas siswa menjadi lebih aktif, lebih percaya diri, dan mampu memahami materi pembelajaran.
Kata Kunci: Metode Problem Solving, Alat Pencernaan Manusia, dan Prestasi Belajar.