PENGGUNAAN MULTIPLE INTELLEGENCE PADA MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.798Abstract
Istilah intellegence atau kecerdasan bukanlah sesuatu yang baru bagi kita sebagai pendidik. Namun sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, ilmu tentang intelligence pun berkembang.Banyak sekali ahli dari berbagai bidang disiplin ilmu melakukan penelitian tentang otak manusia secara fisik maupun potensinya. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Dompyongkulon Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon yang berjumlah 30 orang. Dari 30 siswa jumlah keseluruhan ada 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian akan dilaksanakan selama 6 bulan yaitu dimulai pada bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2017. Adapun jenis metode penelitian yang saya gunakan adalah penelitian PTK dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Model Kemmis dan Mc. Taggart adalah merupakan model pengembangan dari model Kurt Lewin. Data awal tes hasil belajar mata pelajarn IPA materi alat pernapasan manusia, di dapatkan data bahwa hanya 9 siswa atau dengan persentase 30% yang mendapat nilai tuntas diatas KKM sedangkan sisanya 21 siswa belum tuntas dengan nilai persentase 70%. Hasil dari siklus pertama mengalami peningkatan yang tuntas hanya 15 siswa atau di persentasekan hasilnya adaah 50% siswa sedangkan sisanya siswa yang belum tuntas adalah 15 siswa atau 50 % . Tes hasil dari siklus II yang tuntas 27 siswa atau di persentasekan hasilnya adalah 90% siswa, sedangkan sisanya siswa yang belum tuntas adalah 3 siswa atau dipersentasekan adalah 10%.n Kesimpulan yaitu: Penggunaan pendekatan multiple intellegence dilakukan berhasil dalam peningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah proses pembelajaran,Proses aktivitas belajar siswa yang terdiri dari aspek pengetahuan, aspek keaktifan, dan aspek sikap, hasil belajar siswa ditandai dengan hasil penelitian mendapat nilai yang tuntas mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Multiple Intellegence, alat Pernafasan pada Manusia, Hasil Belajar