Upaya meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan metode role playing dalam mata pelajaran matematika materi uang pada siswa kelas III SD Negeri Srengseng I Tahun Ajaran 2013/2014

Authors

  • Rifqi Hidayat PGSD
  • Nur Asyah
  • Reni Andriyani

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.797

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Srengseng I Kabupaten Cirebon dalam pembelajaran matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan metode role playing pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan metode role playing pada pembelajaran matematika, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode role playing pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Tagart. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi Guru, lembar observasi Siswa, dan lembar tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika. Pada siklus I persentase aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan role playing  sebesar 70%, tergolong pada kriteria kuat dan pada siklus II sebesar 82,5 % tergolong pada kriteria sangat kuat. Jadi peningkatan yang terjadi sebesar 12,5%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 69,8 % tergolong pada kriteria kuat dan siklus II yaitu 77,5% tergolong pada kriteria kuat. Jadi peningkatan yang terjadi sebesar 7,7%.   Presentase hasil belajar peserta didik siklus I yaitu 68,9% tegolong pada kriteria kuat dan siklus II yaitu 93,1% tegolong pada kriteria sangat tinggi. Jadi peningkatan yang terjadi sebesar 24,2%.

 

Kata kunci: Metode Role Playing dan Hasil Belajar Matematika

Downloads

Published

2019-11-27

How to Cite

Hidayat, R., Asyah, N., & Andriyani, R. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan metode role playing dalam mata pelajaran matematika materi uang pada siswa kelas III SD Negeri Srengseng I Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal PGSD, 3(2), 24–32. https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.797