PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVISME RADIKAL UNTUK MENINGKATKN HASIL BELAJAR SISWA PADA

Authors

  • Diana Setiana PGSD

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.794

Abstract

Hasil observasi diperoleh data dari 28 siswa kelas IV SD Negeri 1 Ujunggebang Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. hasil pembelajaran mata pelajaran PKn materi tentang sistem pemerintahan di kelas IV yang mencapai KKM hanya 8 siswa atau 29% dari 28 siswa, sedangkan 20 siswa atau 71%  belum mencapai nilai KKM. Dari hasil observasi tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 1 Ujunggebang Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pada pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Maret 2017 sampai dengan Agustus 2017 selama 6 bulan. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah desain penelitian Kemmis dan McTaggart. Kemmis & McTaggart merupakan pengembangan konsep dasar diperkenalkan oleh Kurt Lewin sebagaimana yang diutarakan. Nilai rata-rata pra siklus yaitu sebesar 54,82 dan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 32,75% sebelum menerapkan model pembelajaran konstruktivisme radikal yang  dijadikan sebagai perbandingan ketika siklus yaitu setelah menerapkan model pembelajaran konstruktivisme radikal. Dilanjutkan dengan siklus I yaitu terdapat nilai rata-rata sebesar 63,79 dan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 55,17%. Siklus II yaitu terdapat nilai rata-rata sebesar 74,65 dan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 84,48%.

Kesimpulan yaitu: Pelaksanaan model pembelajaran konstruktivisme radikal pada hasil belajar siswa tentang sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi kelas IV SD Negeri 1 Ujunggebang  Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon berjalan dengan baik, respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran konstruktivisme radikal pada materi sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi kelas IV SD Negeri 1 Ujunggebang  Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon sangat baik, Hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi kelas IV SD Negeri 1 Ujunggebang Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Konstruktivisme Radikal, Hasil Belajar dan PKn

Downloads

Published

2019-11-27

How to Cite

Setiana, D. (2019). PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVISME RADIKAL UNTUK MENINGKATKN HASIL BELAJAR SISWA PADA. Jurnal PGSD, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.794