SIKAPAN TERHADAP PERISAKAN TRAUMATIK PADA PELAJAR

Authors

  • Muhibbu Muhibbu PGSD

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i02.779

Abstract

Perisakan atau bullying seringkali menjadi buah bibir di dunia pendidikan. Utamanya bagi guru dan
pelajar di level pendidikan dasar dan menengah. Hal ini tidak dapat dipungkiri menjadi berita dari
masa ke masa. Seolah ada yang salah dalam penyikapannya, hal tersebut kini sepertinya terdengar
sebagai hal yang dimaklumi bahkan terus terjadi. Seperti halnya yang terjadi pada seorang pelajar
berinisial FF di sekolah yang berada di Bandung. Konseli sebuah sekolah swasta ini mengalami
trauma akibat perisakan. Ujaran perisakan yang dilontarkan secara verbal kepadanya membuatnya
malu dan rendah diri. Akibat dari perlakuan teman-temannya tersebut berdampak pada prestasi
belajarnya yang merosot di sekolah. Di sinilah guru BK berperan memberikan penyikapan melalui
bimbingan dan konseling agar motivasi belajarnya kembali tumbuh dan bergairah.
Kata Kunci: perisakan, ujaran, sikapan.

Downloads

Published

2019-11-27

How to Cite

Muhibbu, M. (2019). SIKAPAN TERHADAP PERISAKAN TRAUMATIK PADA PELAJAR. Jurnal PGSD, 4(02), 29–38. https://doi.org/10.32534/jps.v4i02.779