PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN KARTU KATA

Authors

  • Nurani Amalia PGSD

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i02.775

Abstract

Pembelajaran di sekolah belum memberikan metode dan media yang dapat menjembatani pemahaman
siswa untuk terampil dalam menulis pantun, sehingga mengakibatkan rendahnya tingkat kemampuan
siswa dalam menulis pantun.Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
yaitu dengan menerapkan model pembelajaranyang bertujuan mengembangkan kreatifitas, keaktifan,
sertamenjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian tindakan kelas
merupakan metode penelitian yang digunakan.Desain penelitian mengacu pada model spiral Kemmis
dan Mc.Taggart dengan empat tahapan, yaitutahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan
refleksi.Subjek penelitian yang dilakukan yaitu siswa SDN Sindangaraja kelas IV-B sebanyak 44
siswa.Hasil penelitian menunjukkanpada siklus I sebanyak 61,3% siswa mencapai nilai KKM. Siklus
II sebanyak 75% dan siklus III meningkat sebanyak 93,1%. Dengan demikian model pembelajaran
kooperatif menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Kooperatif, teknik, pantun, kartu kata.

Downloads

Published

2019-11-27

How to Cite

Amalia, N. (2019). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN KARTU KATA. Jurnal PGSD, 4(02), 57–66. https://doi.org/10.32534/jps.v4i02.775