Pengaruh Model Think Pair Share Berbantu Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Pada Mata Pelajaran IPAS SDN 01 Pulau Punjung

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7734

Abstract

Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di kelas III pada saat proses pembelajaran, tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran masih kurang dipahami, pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) terjadi ke tidak sesuain kenyataan dengan apa yang di inginkan,masih kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi.Tujuan penelitian ini untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Pada Mata Pelajaran IPAS SDN 01 Pulau Punjung.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan eksperimen dengan metode penelitian Pre-Eksperimental Design yang digunakan yaitu tipe one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 28 orang pada kelas III. Desain pada kelas eksperimen tidak di pilih secara random. Penelitian ini melibatkan satu kelas, yaitu kelas eksperimen. Hasil belajar dapat diketahui dengan cara tes sebanyak dua kali yaitu sebelum (pre-test) dan sesudah menggunakan media (post- test).

Berdasarkan hasil uji Independent Samples Test diperoleh hasil signifikasi sebesar 0,000. Karena nilai signifikasi 0,000<0,05 maka hasil uji paired sample t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Pada Mata Pelajaran IPAS SDN 01 Pulau Punjung.

Published

2025-12-11

How to Cite

Pengaruh Model Think Pair Share Berbantu Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Pada Mata Pelajaran IPAS SDN 01 Pulau Punjung. (2025). Jurnal PGSD, 11(2). https://doi.org/10.32534/jps.v11i2.7734