Hubungan Kecerdasan Emosional Denganhasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.746Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pelaksanaan pendidikan yang turut mendasari munculnya kecerdasan emosional secara sistematis dan berkelanjutan di SDN Prapag Lor 01 dan SDN Prapag Lor 02 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika pada siswa SDN Prapag Lor 01 dan SDN Prapag Lor 02 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Jenis penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 97 siswa. Data kecerdasan emosional dikumpulkan melalui kuesioner dan data hasil belajar matematika dikumpulkan melalui dokumentasi nilai UAS Semester genap tahun 2017/2018. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasaan emosional siswa masuk kategori atas yaitu 81% dan hasil belajar matematika masuk kategori tinggi 89%. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa di SD Negeri Prapag Lor 01 dan SD Negeri Prapag Lor 02.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Matematika