Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penciptaan Lagu-Lagu Sains Kreatif Oleh Guru

Authors

  • Dewi Yuningsih FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Dianasari Dianasari FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.743

Abstract

Pembelajaran bagi generasi milenial menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Guru dalam hal pembelajaran di dalam kelas harus kreatif untuk mensejajarkan posisi inovasi pembelajaran, agar tercapai pembelajaran bermakna dan terterap dalam ingatan jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas penciptaan lagu-lagu SAINS kreatif oleh guru terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research Collaborative (Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi), kolaborasi dilakukan antara Guru SD dan Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon. Instrumen penelitian adalah Pedoman Wawancara, Lembar Observasi, dan Soal Tes. Objek penelitian adalah siswa Kelas V SDN Sunyaragi 2 Kota Cirebon. Teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik Pengolahan Data deskriptif berdasarkan data hasil wawancara dan observasi, dan teknik kuantitatif sederhana berdasarkan skor hasil belajar siswa. Hasil Penelitian berdasarkan wawancara dan observasi menunjukkan respon siswa yang sangat baik, dan motivasi belajar siswa meningkat dengan optimal karena siswa merasa cenderung tertantang dan merasakan inovasi belajar yang sangat menarik. Persentase peningkatan KKM skor hasil belajar siswa pada pree-test sebesar 63%, sedangkan pada post-test  meningkat menjadi 90%. Peningkatan tersebut menunjukkan hasil yang sangat baik dan cukup signifikan. Kesimpulan penelitian adalah, penciptaan lagu-lagu kreatif oleh guru dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan. Hasil tersebut juga menjelaskan bahwa penelitian tentang lagu-lagu SAINS cukup efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Lagu-lagu SAINS, Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2019-11-24

How to Cite

Yuningsih, D., & Dianasari, D. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penciptaan Lagu-Lagu Sains Kreatif Oleh Guru. Jurnal PGSD, 5(2), 18–24. https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.743