Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sdn 2 Weru Kidul Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.742Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menjelaskan tentang pengelolaan kelas
yang ada di SD Negeri 2 Weru Kidul, (2) Mendeskripsikan bagaimana prestasi belajar siswa, (3)
Mengukur pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 2 Weru Kidul
Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SD Negeri 2 Weru
Kidul Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Sampel penelitian melibatkan siswa kelas I sampai
dengan kelas VI dengan mengambil 6 siswa dari tiap kelasnya secara acak. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi
prestasi belajar siswa berdasarkan rapor. Berdasarkan hasil uji normalitas liliefors, baik data variabel
pengelolaan kelas (X) dan prestasi belajar (Y) berdistribusi normal, lalu dilihat dari uji liniearitas data
variabel x terhadap variabel y menunjukkan nilai sig. 27,6% > 5% dan F hitung 1,325 < 2,230 serta
data pada variabel y terhadap variabel x menunjukkan nilai sig.95,6% > 5% F hitung 0,427 < 2,230
yang berarti dengan tersebut data dianggap linier. Selanjutnya dilihat dari uji korelasi, data
menunjukkan koefisien determinasi sebesar 1,3% yang berarti data prestasi belajar siswa (Y) dapat
dijelaskan oleh pengelolaan kelas (X). Setelah itu dilakukan uji regresi yang menunjukkan t
hitung data sebesar 1,737 lebih besar daripada t tabel sebesar 1,684 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.