Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.741Abstract
Pendidikan karakter selalu menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan dalam memecahkan
berbagai persoalan. Pembangunan karakter sangat berkaitan dengan kualitas suatu bangsa, karena
karakter adalah aspek yang penting dalam membangun sebuah peradaban disuatu bangsa. Secara
umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis perencanaan kegiatan
pembiasaan di sekolah, diharapkan dengan penelitian ini dapat menjadi satu tolok ukur guru dan pihak
sekolah dalam mengelola kegiatan pembiasaan berbasis karakter. Sehingga hasil dari tujuan dapat
bermanfaat bagi penemuan fakta-fakta dalam penelitian ini, besar harapan peneli tian ini dapat
melahirkan sumbangsih pemikiran yang dapat melengkapi, menyempurnakan serta mengembangkan
teori teori dan praksis pendidikan karakter. Untuk menggali data penelitian ini menggunakan .
Pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pendekatan ini digunakan untuk meneliti
pada obyek yang alamiah memahami fenomena tertentu yang dialami oleh subyek penelitian seperti
perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam
bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan
berbagai metode alamiah. Data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat
kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa
program pembiasaan berbasis pendidikan karakter harus dilakukan secara sadar, terencana, sistematis
dan terstruktur. Sebagai media pendidikan karakter kegiatan pembiasaan rumusan perencanaan
tersebut juga untuk mempermudah guru dalam menginternalisasikan nilai yang difokuskan dan
menghindari kegiatan pembiasaan dari kegiatan yang bersifat seremonial semata. Dengan demikian,
guna mendukung program pemerintah dalam hal ini kegiatan pembiasaan berbasis karakter sekolah
harus memahami langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam kegiatan pembiasaan untuk
mencapai tujuan sesuai undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003.