Penguatan Pengetahuan Dasar Matematika Re-Design Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Canva

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7012

Abstract

Keberadaan teknologi telah menguasai berbagai lapisan masyarakat terutama di era 4.0 yang pada akhirnya menurunkan kemampuan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Canva terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan bentuk pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sanggar Bimbingan Sungai Buloh Selangor Malaysia tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 101 siswa. Dengan sampel yang dipilih yaitu Purposive Sampling dengan mengambil sampel siswa kelas IA yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes berupa soal-soal pada slide video pada media pembelajaran berbasis Canva dengan menggunakan one group pre-test post-test design. Uji analisis yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian memperoleh nilai sebesar 0,000 yang berada di bawah taraf signifikansi. Jadi nilai 0,000 < 0,050 berarti hasil uji hipotesis ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dasar di Sanggar Bimbingan (SB) Sungai Buloh, Selangor, Malaysia.

Downloads

Published

2025-05-19

How to Cite

Penguatan Pengetahuan Dasar Matematika Re-Design Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Canva. (2025). Jurnal PGSD, 11(1). https://doi.org/10.32534/jps.v11i1.7012