Analisis Efektifitas Market Day Sebagai Sarana Membangun Soft Skill Siswa Di SDN 2 Babakanreuma
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6324Abstract
Pendidikan di Indonesia telah melalui berbagai proses perkembangan, termasuk pengembangan kurikulum. Kurikulum terbaru yang diterapkan sekolah penggerak di beberapa sekolah adalah Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang dilaksanakan berdasarkan pengembangan profil peserta didik agar dalam kehidupannya dapat memperoleh etos dan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip-prinsip Pancasila. Kurikulum mandiri tetap mengedepankan pendidikan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Akan tetapi nyatanya masih banyak siswa yang kurang mandiri, pecaya diri, interaksi dengan teman, jujur, kreatif. Salah satu cara untuk membangun soft skill siswa dengan mengadakan kegiatan Market day. Dengan itu guru dapat melihat proses penerapan soft skill siswa dalam pengembangan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi, subjek yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Babakanreuma dengan jumlah 34 siswa, dan wali kelas. Peneliti melakukan analisis data dengan langkah-langkah antara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui jawaban siswa dan guru terhadap wawancara yang dilakukan secara terbuka mengenai kegiatan market day, lalu melakukan observasi terhadap pengaruh kegiatan market day untuk siswa dan mendokumentasikan seluruh kegiatan penelitian. Hasil yang memuaskan daro kegiatan market day yang disarakan olh guru adalah antusias siswa serta dukungan penuh dari sekolah dan orang tua siswa memudahkan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Selain itu siswa juga mendapatkan manfaatnya, yaitu dapat berkomunikasi dengan baik, dapat bertanggung jawab, mendapat kemampuan untuk memimpin, dapat bekerja sama dengan kelompok dan dapat menyelesaikan masalah muncul.