Pengaruh Media Gambar Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kerandon

Pengaruh Media Gambar Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kerandon

Authors

  • Lelly Oktafiani Lelly Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6221

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya penggunaan penggunaan bahasa yang dituliskan belum runtut. Pada saat kegiatan menulis, peserta didik belum menerapkan tata aturan menurut ejaan yang disempurnakan (EYD) seperti dalam penggunaan tanda titik, tanda koma, dan huruf kapital. Bahkan masih ada peserta didik yang menuliskan bahasa campur antara bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media gambar digital dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik di kelas III SD Negeri 2 Kerandon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, melibatkan 31 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis narasi siswa setelah penggunaan media gambar digital, dengan nilai rata-rata posttest mencapai 89,35, dibandingkan nilai rata-rata pretest sebesar 52,41. Analisis data menunjukkan distribusi normal dan varian homogen untuk pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan penggunaan media gambar digital terhadap keterampilan menulis narasi. Dengan demikian, bahwa media gambar digital efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan mendorong keterlibatan serta motivasi siswa.Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya penggunaan penggunaan bahasa yang dituliskan belum runtut. Pada saat kegiatan menulis, peserta didik belum menerapkan tata aturan menurut ejaan yang disempurnakan (EYD) seperti dalam penggunaan tanda titik, tanda koma, dan huruf kapital. Bahkan masih ada peserta didik yang menuliskan bahasa campur antara bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media gambar digital dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik di kelas III SD Negeri 2 Kerandon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, melibatkan 31 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis narasi siswa setelah penggunaan media gambar digital, dengan nilai rata-rata posttest mencapai 89,35, dibandingkan nilai rata-rata pretest sebesar 52,41. Analisis data menunjukkan distribusi normal dan varian homogen untuk pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan penggunaan media gambar digital terhadap keterampilan menulis narasi. Dengan demikian, bahwa media gambar digital efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan mendorong keterlibatan serta motivasi siswa.

Published

2024-12-24

How to Cite

Lelly, L. O. (2024). Pengaruh Media Gambar Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kerandon: Pengaruh Media Gambar Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Kerandon. Jurnal PGSD, 10(2). https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6221