Pengaruh Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SDN 3 Sidawangi

Authors

  • Gita Fuji Lestari Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6191

Abstract

Mengingat pentingnya peran membaca permulaan dalam perkembangan peserta didik, maka hendaknya gaya mengajar guru memilih metode yang tepat dan benar agar mudah dipahami anak. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran memerlukan kemampuan guru dalam menggunakan metode. Salah satu metode pembelajaran membaca permulaan adalah metode montessori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan sebelum menerapkan metode montessori pada peserta didik kelas I di SDN 3 Sidawangi dan kemampuan membaca permulaan sesudah menerapkan metode montessori pada peserta didik kelas I di SDN 3 Sidawangi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pre-eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas I yang berjumlah 19 peserta didik dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh data bahwa thitung (9,330) > ttabel (1,734), sehingga dapat diinterpretasikan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada kemampuan membaca permulaan sebelum diberikan perlakuan dengan kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah diberikan perlakuan. Adanya peningkatan tersebut membuktikan bahwa metode montessori dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik.

Published

2024-12-24

How to Cite

Fuji Lestari, G. (2024). Pengaruh Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SDN 3 Sidawangi. Jurnal PGSD, 10(2). https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6191