Penerapan Game Based Learning Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6184Abstract
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian siswa, Model pembelajaran konvensional yang cenderung membuat siswa pasif dan kurang aktif juga menjadi permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan Model Pembelajaran Game Based Learning berbantuan Media Wordwall. dalam memahami materi Kalimat Transitif dan Intransitif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Disetiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Kalimat Transitif dan Intransitif siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM (Tuntas) menjadi 7 siswa dengan presentase peningkatan 10,71%. Kemudian pada siklus ke II terdapat 19 siswa yang mendapat nilai di atas KKM (Tuntas), sedangkan sebanyak 2 siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM (Belum Tuntas). Dalam siklus II mengalami peningkatan sebanyak 27,15%.Pelaksanaan Model Game Based Learning Berbantuan media Wordwall pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV dilakukan selama 2 siklus, penelitian diberhentikan pada siklus ke II karena hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan. Pelaksanaan pembelajaran dalam setiap siklusnya dapat beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan hasil. Dalam pelaksanaan, peneliti dinilai oleh observer dengan mendapatkan peningkatan nilai dalam setiap siklusnya.