Problematika Mata Pelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka Kelas 4 SDN 2 Cilimus
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v10i2.6163Abstract
Matematika menjadi mata pelajaran yang sangat sulit dan bahkan menjadi mata pelajaran yang menyeramkan karena adanya pergantian kurikulum apakah ada Solusi untuk itu maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengertahui proses pembelajaran matematika, kesulitan belajat matematika di kurikulum merdeka, dan strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Penelitian ini menggunkan metode kulitatif deskriptif dengan desain studi kasus, yang menjadi subek penelitian ialah di SDN 2 Cilimus, cara mengumpulkan datanya menggunkaan observasi wawancara pada guru wali kelas serta sebagian siswa 4 karena kelas itu yang telah menerapkan kurikulum merdeka, serta teknik analisis data menggunkan model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini proses pembelajaran cenderung jenuh dan membosankan, kesulian belajar siswa siswa sulit menghapal perkalian dan pembagian dan susunan buku siswa yang tidak sesuai dengan urutan sebenarya, stragegi yang dilakukan ialah mengelompokan belajar siswa dan sebelum belajar guru membedah buku matematika agar susunannya sistematis.