PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRETED READING COMPOSITION

Authors

  • Sati Sati Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.588

Abstract

erdasarkan observasi atau pengamatan awal yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi bahwa rendahnya keterampilan menulis siswa dalam membuat karangan narasi.Hasiltesmatapelajaranbahasa Indonesiakelas IV semester 2 SD Negeri 1 Ciledugkulon Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon dengan materi menyusun karangan narasi diperoleh data bahwa darijumlah 40siswa yang terdiri dari laki-laki 18 siswa dan 22 siswa perempuan hanya ada 15 siswa atau 38% yang tuntas memenuhi nilai KKM yaitu 70 dan sisanya 25 siswa atau 62% siswa nilainya dibawah KKM. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A (empat) yang berjumlah 40 orang 18 siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Siswa kelas IVA berumur antara 9-10 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang menyusun karangan narasi nilai rata-rata kelas adalah 54,5, siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran sebanyak 25 siswa, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dengan presentase ketuntasan belajar 38%. tingkat penguasaan materi pada penyusunan karangan narasi masih rendah. Nilai rata-rata pada siklus ke-I ini adalah 63,5, dengan ketuntasan belajarnya 58%. Rata-rata nilai yang diperoleh 76 dengan nilai siswa yang tuntas sebanyak 32 dan nilai siswa yang belum tuntas sebanyak 8 (20%). prosentase ketuntasan sebesar 80%. Deskripsi kegiatan proses belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperativ Integrated Reading And
Composition (CIRC) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Ciledugkulon Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon yaitu siwa sangat antusias dan sangat temotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, Peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Cooperativ Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Ciledugkulon Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon.

Kata kunci : hasil belajar, CIRC dan bahasa indonesia

Downloads

Published

2019-07-14

How to Cite

Sati, S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRETED READING COMPOSITION. Jurnal PGSD, 4(01), 50–57. https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.588