PENGGUNAAN MEDIA BATU BERWARNA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN II PABUARANWETAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Rifqi Hidayat Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nur Asyah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Pipit Lusianah Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.586

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran batu berwarna di kelas II SDN II Pabuaranwetan Kabupaten Cirebon. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN II Pabuaranwetan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Model Kemmis Dan MC Taggart, dengan tahapan penelitian yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi Guru, lembar observasi Siswa, dan lembar tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa, penggunaan media batu berwarna dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SDN II Pabuaranwetan Kabupaten Cirebon, khususnya materi pembagian, yang dibuktikan dengan presentase ketuntasan hasil belaj ar siswa pada siklus I mencapai 68,42%, atau 13 siswa yang tuntas belajar dan 31,58%, atau 6 siswa belum tuntas, dan pada siklus II presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,74%, atau 18 siswa tuntas belajar dan 5,26%, atau 1 siswa belum tuntas.
Kata Kunci: Media Batu Berwarna dan Hasil Belajar Matematika

Downloads

Published

2019-07-14

How to Cite

Hidayat, R., Asyah, N., & Lusianah, P. (2019). PENGGUNAAN MEDIA BATU BERWARNA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN II PABUARANWETAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal PGSD, 4(01), 31–38. https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.586