PENGGUNAAN METODE BRAINSTROMING BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MEMPENGARUHI GERAK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mimin Darmini Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.585

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang muncul pada diri siswa yang masih kurang maksimal dalam hasil belajar dan aktivitas belajar. Kurangnya hasil belajar dan aktifitas belajar siswa ini diakibatkan pembelajaran yang masih bersifat konvensional, pembelajaran belum menggunakan bantuan media akibatnya, siswa merasa cepat bosan, jenuh, sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa kurang maksimal. Maka dari itu perlu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran
brainstroming, lewat metode brainstroming berbantuan media benda konkret, diharapakan hasil belajar dan aktivitas siswa lebih baik dibanding cara konvensional. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA materi gaya mempengaruhi gerak benda di kelas IV sekolah dasar. Jadi, dengan adanya masalah tersebut, peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa yang masih kurang maksimal, dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan latar belakang masalah yang dihadapai anak, peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode brainstroming berbantuan media benda Konkret, dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart model spiral refleksi diri, yang dimulai dengan Planing, action, observing, reflecting, dan perencanaan kembali, dan memakai instrumen pembelajaran meliputi, observasi aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Metode Brainstroming, Media benda Konkret, Hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-07-14

How to Cite

Darmini, M. (2019). PENGGUNAAN METODE BRAINSTROMING BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MEMPENGARUHI GERAK BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD, 4(01), 22–30. https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.585