PENERAPAN METODE KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Diana Setiana Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.582

Abstract

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Ujunggebang Kec. Susukan Kab. Cirebon sebanyak 28 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 13 orang dan perempuan sebanyak 15 orang. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai bulan september 2017. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam prosesnya melakukan tindakan perbaikan di kelas yang diteliti. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk memperbaiki metode mengajar dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Siswa yang mampu mencapai batas lulus sebanyak 8 siswa atau 29% sedangkan 20 siswa atau 71% dinyatakan belum mencapai batas lulus. Jika dilihat dari jumlah siswa yang lulus pada awal hanya 6 siswa menjadi 11 siswa pada siklus I, sehingga ada peningkatan jumlah siswa yang lulus sebanyak 5 orang siswa. Dari jumlah siswa pada saat memperoleh data awal ada 14 orang siswa yang belum lulus, kemudian siklus I jumlah siswa yang belum lulus adalah 9 orang siswa.Sedangkan pada siklus II ini 100% siswa sudah dinyatakan lulus. Dengan penerapan metode kooperatif teknik jigsaw terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa Kelas IV SDN 1 Ujunggebang pada mata pelajaran IPS khususnya mengenai materi kooperasi dan kesejahteraan rakyat, hal ini dibuktikan adanya peningkatan. Prestasi belajar siswa yang diperoleh dapat meningkat, Pada saat prasiklus dari 11 siswa hanya ada 3 siswa yang mencapai KKM dengan kata lain 73% siswa belum mencapai KKM. Tapi pada siklus I, siklus II dan siklus III hasil belajar siswa yang tuntas KKM meningkat Pada siklus I siswa mencapai KKM sebanyak 55 %, pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 73%, dan pada siklus III seluruh siswa mencapai KKM atau 100 %. Kata Kunci : Hasil belajar, Kooperatif Teknik Jigsaw dan IPS

Author Biography

Diana Setiana, Universitas Muhammadiyah Cirebon



Downloads

Published

2019-07-14

How to Cite

Setiana, D. (2019). PENERAPAN METODE KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. Jurnal PGSD, 4(01), 1–9. https://doi.org/10.32534/jps.v4i01.582