Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 1 Cieurih

Authors

  • Salsabila Rahmadani STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN
  • Rita Kusumas STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v10i1.5779

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media pembelajaran geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 1 Cieurih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Cieurih yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran matematika di SDN 1 Cieurih Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan dengan menggunakan media pembelajaran geoboard, terdapat pengaruh dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran geoboard dari data angket menunjukan hasil yang positif untuk pembelajaran pada mata pelajaran matematika.

Author Biography

Rita Kusumas, STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN

  •  

Published

2024-06-22

How to Cite

Rahmadani, S., & Kusumas, R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 1 Cieurih. Jurnal PGSD, 10(1). https://doi.org/10.32534/jps.v10i1.5779