Pengaruh Penerapan Strategi Every One Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN 2 Kadurama
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v10i1.5778Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan strategi Every One Is A Teacher Here terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN 2 Kadurama dan respon siswa terhadap penerapan strategi Every One Is A Teacher Here. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Kadurama yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji vailiditas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh strategi Every One Is A Teacher Here terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN 2 Kadurama. dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Respon siswa terhadap penerapan strategi Every One Is A Teacher Here pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila sangat tinggi, dengan skor rata-rata yaitu 83.66