Peran Lingkungan Terhadap Minat Belajar Guna Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Di Mi Al-Huda Ploso

Peran Lingkungan, Minat, Kemampuan Baca Tulis Al-Quran

Authors

  • Sri Wahyuni Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v10i1.5728

Abstract

Pentingnya pendidikan Al-Quran sama halnya pentingnya Al-Quran dalam kehidupan umat islam. Al-Quran merupakan sumber hukum islam, pedoman umat islam dan pondasi kehidupan islam. Dengan hal tersebut belajar baca tulis Al-Quran sangat dianjurkan sejak dini sehingga ketika remaja dan dewasa anak sudah mengusai dengan baik dan tidak menjadi beban tersendiri. Lingkungan juga memberikan peran penting dalam pendidikan baca tulis Al-Quran. Dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peran lingkungan terhadap minat anak untuk belajar, dan meningkatkan kemampuan dan kualitas baca tulis Al-Quran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian lapangan. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teori dari Miles dan Hubarman yang melalui tiga proses, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan metode trianggulasi, yaitu: trianggulasi penelitian, sumber, metode dan teori. Hasi dari penelitian ini menunjukkan adanya peran lingkungan terhadap kemampuan baca tulis anak-anak. Adapun peran lingkungan tersebut tidak secara langsung, dengan adanya lingkungan yang baik akan menimbulkan minat kepada anak-anak, dan akan meningkatkan kemampuan dan prestasi anak-anak dalam baca tulis Al-Quran.

Published

2024-06-22

How to Cite

Wahyuni, S. (2024). Peran Lingkungan Terhadap Minat Belajar Guna Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Di Mi Al-Huda Ploso: Peran Lingkungan, Minat, Kemampuan Baca Tulis Al-Quran. Jurnal PGSD, 10(1). https://doi.org/10.32534/jps.v10i1.5728