Analisis Karakter Tanggung Pada Siswa Introvert Di Sdit Muhammadiyah Kota Cirebon

Authors

  • Rea Dwi Andini FKIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Aiman Faiz FKIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Novianti Kartika Dewi FKIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.5080

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai karakter tanggung jawab siswa yang sulit dalam bersosialisasi (introvert). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengapa siswa sulit dalam bersosialisasi (introvert) terutama dalam rasa tanggung jawab sebagai siswa dan untuk mendeskripsikan apa saja indikator tanggung jawab yang harus dimiliki siswa. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Dengan sample salah satu siswa dan satu walikelas. Data diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa anak sulit bersosialisasi (introvert) karena kurangnya rasa percaya diri dan kurangnya perhatian dari orang tua sehingga diperlukan dukungan lebih dari orang tua dan keluarga, karena keluarga merupakan tempat pertama pembentukan karakter anak. Pendidikan yang diterima di keluarga sebagai dasar untuk bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat terutama di lingkungan sekolah. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa dari 4 indikator karakter tanggung jawab, siswa yang mengalami kesulitan bersosialisasi (introvert) hanya bisa mencapai 2 indikator diantaranya : (1) melaksanakan proses diskusi , dan (2) melakukan persiapan sebelum pembelajaran.

Published

2023-12-23

How to Cite

Andini, R. D., Faiz, A. ., & Dewi, N. K. (2023). Analisis Karakter Tanggung Pada Siswa Introvert Di Sdit Muhammadiyah Kota Cirebon. Jurnal PGSD, 9(2), 69–75. https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.5080