Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Pencegahan Bullying dan Kekerasan Pada Peserta Didik

Authors

  • Aiman Faiz FKIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Imas Kurniawaty FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Purwati Purwati PG PAUD, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4978

Abstract

Sekolah Ramah Anak merupakan program yang sangat baik yang diperlukan untuk mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli dan memenuhi hak dan perlindungan anak dari berbagai kekerasan dan bullying baik secara verbal maupun non verbal. Tidak hanya itu, siswa juga mendapat hak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seperti perencanaan dan penentuan kebijakan agar lebih demokratis. Faktor utama yang dapat mendukung Sekolah Ramah Anak diantaranya peran keteladanan guru yang demokratis, kepedulian orang tua dan kontrol eksternal dari masyarakat. Ketiga faktor tersebut menjadi tri pusat pendidikan yang harus terintregrasi demi mewujudlkann pendidikan yang lebih baik lagi para program Sekolah Ramah Anak.

Published

2023-12-23

How to Cite

Faiz, A., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2023). Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Pencegahan Bullying dan Kekerasan Pada Peserta Didik. Jurnal PGSD, 9(2), 62–68. https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4978