Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPS

Authors

  • Nur Haliza Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachruroji Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4931

Abstract

Pembelajaran di abad 21, harus dapat mencetak generasi yang aktif, mampu bekerjasama dengan tim, kemudian dapat berkolaborasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning pada pelajaran IPS, mendeskripsikan langkah-langkah model pembejaran kooperatif dalam pembelajaran, serta melakukan analisis langkah model pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan aktifitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian literatur dengan mengambil dari berbagai sumber baik dari jurnal, internet maupun daftar pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa model pembelajaran kooperatif learning cocok digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran IPS agar siswa dapat berperan aktif. Dari hasil analisis ini dapat ditemukan suatu kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif learning dapat meningkatkan keaktifan siswa sekolah dasar khususnya pembelajaran ips. Hal ini disebabkan karena melalui model pembelajaran ini siswa diajak untuk lebih mengembangakan pengetahuannya melalui diskusi kelompok, menghargai pendapat teman, mengembangkan kemampuan sosial, menumbuhkan sikap bertanggung jawab dalam diri siswa dan mau bekerjasama tim dalam proses belajar.

Published

2023-12-23

How to Cite

Haliza, N., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPS. Jurnal PGSD, 9(2), 41–51. https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4931