Implementasi Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kualitas Tenaga Pendidik Di SD Negeri Sempu 1 Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4924Abstract
Kepala Sekolah bertanggung jawab memimpin jalannya proses pendidikan. Selain itu kepala sekolah juga bertanggung jawab memberdayakan semua elemen sekolah yang berada di bawah naungannya. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, kepala sekolah perlu bekerja dan menjalankan peran manajerialnya secara inovatif dengan sistem dan manajemen yang efektif dan tepat sasaran Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis bagaimana implementasi peran manajerial kepala sekolah dalam mengembangkan kualitas tenaga pendidik di SD Negeri Sempu 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan Teknik penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SDN Sempu 1 Kota Serang. Selanjutnya teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Sempu 1 Kota Serang dilaksanakan dengan efektif dan efisien berdasarkan kebutuhan sekolah. Beberapa tahapan dilakukan seperti perencanaan pengadaan pendidik dan kependidikan, pengadaan pendidik dan tenaga kependidikan, pengangkatan dan penempatan pendidik dan tenaga kependidikan, pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, serta pengawasan dan penilaian. Maka dapat disimpulkan bahwa, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di SDN Sempu 1 Kota Serang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan standar yang diperlukan.