Implementasi Penggunaan Media Kokami (Kotak Kartu Misterius) Untuk Pemahaman Pembelajaran di Kelas III SDI Al-Ikhlas Kemandoran II Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4874Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penggunaan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) dalam pemahaman materi pembelajaran tematik di kelas III SDI Al-Ikhlas Kemandoran Jakarta Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi penggunaan media KOKAMI dalam meningkatkan pemahaman materi pembelajaran tematik di kelas III SDI Al-Ikhlas Kemandoran Jakarta Selatan. Â Penelitian ini di khususkan untuk memahami bagaimana penggunaan media KOKAMI mempengaruhii pemahaman materi pembelajaran tematik di kelas III SDI Al-Ikhlas Kemandoran Jakarta Selatan. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Peserta penelitian terdiri dari satu kelas III SDI Al-Ikhlas Kemandoran Jakarta Selatan yang menggunakan media KOKAMI dalam pembelajaran tematik. Penggunaan media KOKAMI memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman materi pembelajaran tematik di kelas III SDI Al-Ikhlas Kemandoran Jakarta Selatan. Dalam konteks yang tepat dan dengan dukungan yang memadai, media ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang aktif, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa serta memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan dan dapat menjadi acuan bagi penggunaan media KOKAMI dalam pembelajaran tematik di tingkat SD terutama di SDI Al-Ikhlas Kemandoran Jakarta Selatan.