Peningkatan Hasil Belajar Materi Memahami Isi Teks Melalui Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • Muhamad Faqih Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Asih Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Indun Retnaningsih SDN 1 Karangsari

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4832

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV B SD Negeri 1 Karangsari pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, dengan kondisi rata-rata kemampuan peserta didik dalam memahami isi teks hanya 71,11. Presentase ketercapaian KKM baru mencapai 29,73%. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami isi teks melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV B SD Negeri 1 Karangsari yang berjumlah 27 orang peserta didik. Metode yang digunakan pengumpulan datanya melalui tes uraian, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil peserta didik dalam memahami isi teks yang sangat positif. Setelah pelaksanaan siklus II meningkat menjadi rata-rata; 75,35 dengan ketuntasan belajar mencapai 55,55%. Dari Siklus II ke Siklus III terjadi juga peningkatan yakni mencapai rata-rata 79,19 dan ketuntasan belajar 85,18%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami isi teks.

Published

2023-12-23

How to Cite

Muhamad Faqih, Wahyuningsih, A. ., & Retnaningsih, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Memahami Isi Teks Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal PGSD, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4832