Penerapan pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Nilai Tempat Bilangan di Kelas V

Authors

  • Saeful Bakri PPG Prajabatan, PGSD, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Asih Wahyuningsih Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Lia Rohmaningsih SDN 1 Setu Wetan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4806

Abstract

Pengembangan kemampuan siswa dalam era saat ini sangatlah penting karena dengan kreativitas dari hasil hasil pola pikir baru yang mendukung kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pendekatan Scientific dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan pendekatan Scientific ini diharapkan berdampak pada positif pada konstruksi pengetahuan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk 1) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Nilai Tempat Bilangan, 2) Meningkatkan aktivitas siswa, 3) Mengembangkan nalar siswa. Penelitian ini melalui implementasi metode penelitian tindakan kelas, yaitu sebuah penelitian yang dilakukan didalam kelas. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model John Elliot yang mana pada model ini terdapat tiga siklus penelitian dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar kerja peserta didik. Subjek penelitian ini dengan melibatkan siswa kelas V di SD Negeri 1 Setu Wetan.

Published

2023-12-23

How to Cite

Bakri, S., Wahyuningsih, A. ., & Rohmaningsih, L. (2023). Penerapan pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Nilai Tempat Bilangan di Kelas V. Jurnal PGSD, 9(2), 12–23. https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4806