DAMPAK KETERLAMBATAN SISWA MASUK SEKOLAH DASAR TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA SD

Authors

  • Lensi Ana Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armeriena Universitas PGRI Palembang
  • Murjainah Murjainah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4317

Abstract

Abstract

Psychological development is a change that shows the way organisms behave and interact with the environment. The purpose of this study was to determine and describe the impact of student age delay on the psychological development of elementary school students. The method used in this research is descriptive method. The subjects of this study were 10 students and one class I teacher. The data collection used was observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the impact of the late age of students entering elementary school is that students become less confident, difficult to manage and the ability to be able to read has decreased. students themselves where the possibility of students initially not wanting to go to school so they are late for school. Internal factors are factors from the family and school environment. Family environmental factors, namely the lack of parental roles, lack of attention to the age of children to enter elementary school.

Keywords: Psychological Development, Students, Elementary school

 

Abstrak

Perkembangan psikologi adalah merupakan perubahan menunjukkan cara organisme bertingkah laku dan berinteraksi dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak ketelambatan usia siswa terhadap perkembangan psikologi siwa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 10 orang siswa dan satu guru kelas I. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari keterlambatan usia siswa masuk sekolah dasar ini adalah siswa jadi kurang percaya diri,  susah untuk diatur dan kemampuan untuk bisa membaca sudah  berkurang.terdapat fator-faktor siswa terlambat usia saat memasuki sekolah dasar yaitu faktor internal yaitu faktor dari diri siswa sendiri dimana kemungkinan siswa awalnya tidak mau masuk sekolah jadi telatnya usia masuk sekolah. Faktor internal yaitu faktor dari lingkungan keluarga dan sekolah. Faktor lingkungan keluarga yaitu kurangnya peran orang tua siswa, kurangnya perhatian terhadap umur anak untuk masuk sekolah dasar.

Kata Kunci: Perkembangan psikologi, Siswa, SD

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Ana, L., Armeriena, D. N., & Murjainah, M. (2023). DAMPAK KETERLAMBATAN SISWA MASUK SEKOLAH DASAR TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA SD. Jurnal PGSD, 9(1), 80–91. https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4317