ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD MATERI DRAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN
DOI:
https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4314Abstract
Abstract
This study aims to describe the use of role-playing models in drama material in class V SD Negeri 4 Penukal. The type of research used is descriptive qualitative type to determine the speaking skills of fifth grade students of SD Negeri 4 Penukal. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation techniques. The results of this study found information that to see the success of using the role-playing learning model to be very effective in improving speaking skills in fifth grade students, especially in drama material, it can be seen according to the indicators of word choice, accuracy of speech, accuracy of the speaker's target, courage and expression. This can be proven from all students who get an average score of 81.5 in the good or skilled category.
Keywords: Speaking Skills, Role Playing, Elementary School Students.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model bermain peran pada materi drama dikelas V SD Negeri 4 Penukal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis kualitatif deskriptif untuk mengetahui keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri 4 Penukal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan informasi bahwa untuk melihat keberhasilan penggunaan model pembelajaran bermain peran sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V terutama dalam materi drama dapat dilihat kesesuaian dengan indikator pemilihan kata, ketepatan ucapan, ketepatan sasaran pembicara, keberanian dan ekspresi. Hal ini dapat dibuktikan dari keseluruhan siswa yang mendapatkan nilai rata-rata 81,5 dengan kategori baik atau terampil.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran, Siswa Sekolah Dasar.