PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SERENA BERBASIS ANDROID PADA MATEMATIKA MATERI DEBIT KELAS V SD

Authors

  • Yopa Taufik Saleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sharah Febrian Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4313

Abstract

Abstract

The lack of supporting learning media makes it difficult for students to understand the discharge material so that it affects the work of various practice questions. This development and research aims to create a product in the form of an android-based learning media application that can be used in learning mathematics with discharge materials. This study uses the Research and Development method with the Borg and Gall model with 10 stages. This study used a simple random sampling technique which was carried out at SDN Karikil in class V students with a total of 47 people. The data analysis technique in this study used quantitative and qualitative descriptive statistical analysis techniques, and used data collection such as interviews, questionnaires and tests. The development of learning media for the Android-based Serena application has met the appropriate criteria. The results of this study showed a significant change, the experimental class got an average score of n-gain "0.82" or 82% in the "high" or "effective" category, while the control class got an average score of n -gain “0.24” or 24% or “ineffective” category. Thus, the results of the research that have been obtained using n-gain can be said that the learning media of the Android-based Serena application is feasible and effective to use in mathematics lessons on discharge material in class V SDN Karikil.

 

Keywords: Learning Media, Serena Applications, Mathematics.

 

Abstrak

Kurangnya media pembelajaran yang menunjang menjadikan peserta didik sulit memahami materi debit sehingga berpengaruh terhadap pengerjaan latihan soal yang beragam. Pengembangan dan penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah produk berupa media pembelajaran aplikasi serena berbasis android yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi debit. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model Borg and Gall dengan 10 tahapan. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang dilaksanakan di SDN Karikil pada siswa kelas V dengan jumlah 47 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dan menggunakan pengumpulan data seperti wawancara, angket dan tes. Pengembangan media pembelajaran aplikasi serena berbasis android telah memenuhi kriteria layak. Hasil penelitian ini terjadi perubahan yang signifikan, pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata skor n-gain “0,82” atau 82% dengan kategori “tinggi” atau kategori “efektif”, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata skor n-gain “0,24” atau 24% atau kategori “tidak efektif”. Dengan demikian, hasil penelitian yang telah diperoleh menggunakan n-gain dapat dikatakan bahwa media pembelajaran aplikasi serena berbasis android layak dan efektif digunakan dalam pelajaran matematika materi debit di kelas V SDN Karikil.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Serena, Matematika

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Saleh, Y. T., Nurfitriani, M., & Febrian, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SERENA BERBASIS ANDROID PADA MATEMATIKA MATERI DEBIT KELAS V SD. Jurnal PGSD, 9(1), 52–68. https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4313