PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 PAMENGKANG

Authors

  • Arief Hidayat Afendi PGSD
  • Fanny Septiany Rahayu Unviersitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4312

Abstract

Abstract

Education is a learning process that is carried out consciously by creating an atmosphere of teaching and learning that aims to bring about a change in positive things and can actively develop the potential that exists in students, be it religious spiritual abilities, personality, intelligence, noble character and skills. is in him. The first and foremost education comes from the family or parents, where parents play an active role in providing education to children. The role of parents is very important for the development of student learning where students need the role of parents in supporting students while studying. The problems that exist are related to the role of parents in fostering student learning motivation at SD Negeri 1 Pamengkang. This study aims to find out what motivates students to learn and to find out the role of parents in growing students learning motivation. This research is a qualitative research. This research was conducted at SD Negeri 1 Pamengkang. The technique in data collection is using the method of interviews, observation and documentation. Based on the results of research that has been carried out, student learning motivation is based on the desire to learn and the desire to succeed, the encouragement and needs in learning, the hopes and aspirations of the future, the appreciation in learning, and the existence of a conducive learning environment, but there are no activities. interesting in learning. Then, the role of parents in fostering student learning motivation is as a facilitator, mentor or teacher and motivator, while the form of motivation given by parents is knowing the results, giving rewards and punishments and providing the tools or facilities needed.

 

Keywords : Education, Parental Role, Learning Motivation.

 

 

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara sadar dengan menciptakan suasana belajar mengajar yang bertujuan untuk mewujudkan suatu perubahan pada hal yang positif dan secara aktif dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri siswa baik itu kemampuan spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasaan, akhlak mulia serta keterampilan yang ada dalam dirinya. Pendidikan yang pertama dan utama datang dari keluarga atau orang tua, dimana orang tua berperan secara aktif dalam memberikan pendidikan kepada anak. Peran orang tua sangatlah penting bagi perkembangan belajar siswa dimana siswa membutuhkan peran orang tua dalam mendukung siswa saat belajar. Permasalahan yang ada yaitu terkait peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 1 Pamengkang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi siswa untuk belajar serta untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Pamengkang. Adapun teknik dalam pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan motivasi belajar siswa didasari karena adanya hasrat belajar dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif, namun belum terdapat kegiatan yang menarik dalam belajar. Kemudian, peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu sebagai fasilitator, pembimbing atau pengajar dan motivator, adapun bentuk motivasi yang diberikan orang tua, yaitu mengetahui hasil, memberikan hadiah dan hukuman dan menyediakan alat atau fasilitas yang dibutuhkan.

                                                                                                                                              

Kata Kunci : Pendidikan, Peran Orang tua, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Afendi, A. H., & Rahayu, F. S. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 PAMENGKANG. Jurnal PGSD, 9(1), 42–51. https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4312