PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMAN 1 MANDIRANCAN

Authors

  • Ratna Muslihat Pascasarjana Universitas Kuningan
  • Anna Fitri Hindriana Pascasarjana Universitas Kuningan
  • Zaenal Abidin Pascasarjana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4302

Abstract

This research was conducted to improve students' scientific literacy and learning motivation by maximizing the use of technology with local wisdom-based e-booklet development media as a support for learning activities. The purpose of this study was to analyze the feasibility, effectiveness and measure student responses to local wisdom-based E-booklet learning media. The population in this study were all students of class V (Five) at KKMI 2 Kuningan. The sample consisted of 25 students in class VA as the experimental class and class VB consisting of 25 students as the control class. The research design used a research and development approach with a 4-D development model (define, design, development, dissemination) and data collection techniques using tests, interviews, observations, and questionnaires. The results showed that 1) e-booklet media based on local wisdom was very feasible to be used as teaching material in learning by reaching a percentage of 83.8 from learning experts, material experts, linguists and media experts; 2) the effectiveness of e-booklets based on local wisdom with very effective categories as teaching materials; Based on these results it can be concluded; the local wisdom-based ebooklet media is very feasible and effective to use in science learning on water cycle materials and their impacts; Student responses showed a very positive attitude towards learning through ebooklet media based on local wisdom. 

Keyword : learning mdia, ebooklet, local wisdom, scientific literacy, learning motivation

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan Literasi Sains dan Motivasi Belajar siswa dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi dengan media pengembangan e-booklet berbasis kearifan lokal sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan, keefektifan dan mengukur respon siswa terhadap media pembelajaran E-booklet berbasis kearifan lokal. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas V (Lima) di KKMI 2 Kuningan. Sampel terdiri dari 25 siswa kelas  VA sebagai  Kelas eksperimen dan kelas VB terdiri  dari 25 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Develoment) dengan model pengembangan 4-D (define, design, development, dissemination) dan teknik penggumpulan data menggunakan Tes, wawancara, Observasi, dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) media e-booklet berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran dengan mencapai persentase  sebesar 83,8 dari ahli pembelajaran, ahli materi, ahli bahasa dan ahli media; 2) keefektifan  e-booklet berbasis kearifan lokal dengan kategori sangat efektif sebagai bahan ajar; Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan; media ebooklet berbasis kearifan lokal itu sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi daur air dan dampaknya; respon siswa menujukkan sangat positif terhadap pembelajaran melaui media ebooklet berbasis kearifan lokal.

Kata Kunci  : Media pembelajaran, ebooklet, kearifan lokal, literasi sains, motivasi belajar

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Muslihat, R., Hindriana, A. F., & Abidin, Z. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMAN 1 MANDIRANCAN. Jurnal PGSD, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4302